Rakornas Virtual Pertama DPP PATRIA, Ajang Koordinasi dan Komunikasi Kader Seluruh Indonesia

Share


Masih dalam suasana pandemi COVID-19 yang telah berlangsung setahun lebih, untuk pertama kalinya DPP PATRIA menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) secara daring atau online, 29 Agustus 2021 lalu, diikuti oleh perwakilan DPD-DPD seluruh Indonesia.

Berbeda dengan Rakornas sebelumnya pada 2019 yang masih bisa diselenggarakan langsung di Tangerang Selatan, agenda Rakornas kali ini dipadatkan hanya dalam satu hari, dan difokuskan untuk beberapa tujuan.

  • Penyegaran program-program DPP PATRIA yang telah berjalan

Dibagi dalam beberapa sesi, masing-masing bidang di kepengurusan DPP PATRIA periode 2018-2023 kembali memaparkan secara ringkas program kerja rutin. Yakni Bidang 1 (Organisasi & Hubungan Internasional), Bidang 2 (Sosial & Budaya), Bidang 3 (Kemandirian), Bidang 4 (Komunikasi), dilanjutkan dengan Sekretariat dan Bendahara.

Beberapa highlight terkait bagian ini seperti:

  1. Penyeragaman alamat email dengan domain @patria.or.id, yang tersedia bagi pengurus DPD maupun DPC dengan mekanisme pengajuan. Selain itu, layanan email yang dikelola profesional ini diharapkan mampu menjaga proses pengalihan atau handover antar kepengurusan. Sehingga meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Dari Bendahara bersama Sekretariat pun kembali mengingatkan kepada para pengurus DPD maupun DPC seluruh Indonesia, bahwa tata cara pengurusan nomor rekening resmi bisa difasilitasi oleh DPP PATRIA. Dengan demikian, bisa perlahan-lahan memigrasi penggunaan nomor rekening bank atas nama perorangan demi profesionalisme, transparansi, dan akuntabilitas.
  • Sosialisasi program-program baru DPP PATRIA

Secara umum, tidak ada program-program baru yang sifatnya besar. Dalam Rakornas 2021, disampaikan terdapat beberapa layanan baru, serta inisiatif-inisiatif yang dapat dikelola secara bersama-sama. Beberapa di antaranya,

  1. Aktivasi grup baru di Telegram, yang menawarkan fitur berbeda dibanding grup WhatsApp yang telah berjalan selama ini. Seperti bisa menampung jumlah anggota yang lebih banyak, kemudahan operasional lintas gawai, dan sebagainya.
  2. Revitalisasi situs patria.or.id sebagai kanal komunikasi resmi PATRIA dari seluruh Indonesia. Kepada para pengurus DPD dan DPC yang ingin berkontribusi konten sebagaimana versi sebelumnya, dapat mengajukan pembuatan akun melalui Sekretariat, dan ditujukan ke Bidang 4.
  3. Puja bakti gabungan, yang diinisiasi oleh Wakil Ketua I, Laurensius Widyanto. Setelah puja bakti gabungan yang pertama terselenggara dan mendapatkan respons baik dari berbagai pihak, termasuk remaja dari tujuh vihara seluruh Indonesia, program ini dilemparkan ke forum dan membuka kesempatan bagi pengurus DPD maupun DPC yang ingin berperan serta dalam pelaksanaan ke depannya.
  • Tinjauan dari masing-masing daerah

Khusus di sesi ini, setiap pengurus DPD (maupun yang diwakili oleh DPC), diberi kesempatan untuk memaparkan situasi di daerah masing-masing. Sehingga bisa mendapatkan perhatian khusus, sekaligus menjadi refleksi bagi pengurus dari daerah berbeda.

Pada umumnya, kendala yang dihadapi pun relatif sama. Mulai dari keterbatasan aktivitas yang menyebabkan berkurangnya intensitas, hingga kejenuhan aktivitas online yang sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2020 lalu.

  • Paparan dan inspirasi dari Badan Pengembangan Organisasi (BPO)

Sebagai bagian dari DPP PATRIA yang fokus pada pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, BPO PATRIA juga berkesempatan untuk membagikan langkah-langkah kerja yang telah dipersiapkan. Selain itu, juga kembali mengundang para pengurus DPD serta DPC yang membutuhkan pelatihan-pelatihan secara global maupun spesifik, agar bisa menghubungi dan berkoordinasi. Setidaknya agar meskipun terhalang pandemi, pelatihan-pelatihan tetap bisa dinikmati oleh seluruh pengurus dan kadera PATRIA di Tanah Air.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan Rakornas 2021 dan yang dihasilkannya, dapat menghubungi Sekretariat melalui WhatsApp, maupun media sosial resmi DPP PATRIA.

image image image image